Hukum Bacaan Nun Mati beserta Contoh

Sebelum saya melanjutkan, saya terlebih dahulu menjelaskan apa itu tanwin. Tanwin terbagi tiga macam yaitu fathtain atau baris atas dobel(اً), dammatain atau dobel dhammah (اٌ) dan kasratain atau baris bawah dobel (اٍ).

Tanwin sebenarnya juga mengandung huruf nun sehingga dalam Pelajaran Ilmu Tajwid, Nun mati dan Tanwin selalu di kaitkan. Contoh apabila kata basir (بَصِيْر) ditanwinkan dengan fathatain maka bacanya menjadi basiran (بَصِيْراً) .Contoh lain kata ilmi ( عِلْمِ) apabila ditanwinkan dengan dhammathain, maka dibaca ilmun (عٍلْمٌ) . dst.

1. Nun mati/tanwin dibaca mim (م)

Hal ini dinamakan Iqlab ( اِقْلاَب ) yakni apabila ada Nun mati/Tanwin bertemu dengan huruf Iqlab makan Nun/Tanwin tersebut diganti dengan huruf mim (م). Huruf Iqlab itu sendiri adalah huruf ba (ب), jadi apabila ada nun mati/tanwin bertemu dengan ba (ب), maka huruf N-nya digantikan dengan huruf M.
Contoh:
-minba'di (مِنْ بَعْدِ) dibaca menjadi mimba'di
-samiun bashirun ( سَمِيْعٌ بَصِرٌ ) dibaca samium bashirun .

2. Nun mati/tanwin dibaca ng
Hal ini dinamakan Ikhfa' ( اِخْفَاء ) yakni apababila ada Nun mati/Tanwin bertemu dengan salah satu huruf Ikhfa' maka huruf N-nya digantikan dengan huruf ng. Huruf ikhfa' itu sendiri ada 15 macam yaittu:
ص ذ ث ك ج ش ق س د ط ز ف ت ض ظ

Contoh:
-min qabeli ( مِنْ قَبْلِ ) dibaca ming qabeli
-min kum ( مِنْكُمْ ) dibaca ming kum
Ikhfa' dalam buku pelajaran Tajwid pada umumnya menjelaskan bahwa Ikhfa' itu artinya menyamarkan dan Ikhfa itu sendiri memang artinya samar. Dalam penjelasan Ilmu Tajwid bahwa apabila ada Nun mati/Tanwin bertemu dengan huruf Ikhfa' maka nun itu dibaca samar.

3. Nun mati/Tanwin dibaca Nun.

Nun mati/Tanwin seharusnya dijelaskan pada point pertama tapi untuk lebih memahami maka saya bahas pada point ini. Hal ini dinamakan Izhar Halki ( اِظْهَارْ ) yang artinya jelas dimana apabila ada Nun mati/Tanwin bertemu dengan salah satu huruf Izhar makan Nun mati/Tanwin tersebut dibaca jelas. Jelas disini maksudnya tidak mengalami perubahan bacaan yaitu Nun tetap dibaca N.

Munkin ada yang bertanya mengapa Izhar itu dimasukkan dalam Ilmu Tajwid padahal tidak perlu dijelaskan karena perubahannya tidak ada. Yah... Idzhar memang cara membaca tidak ada perubahan yakni Nun nati/Tanwin tetap dibaca dan tidak mengalami perubahan tapi ada hukum yang mengaturnya kapan hal ini terjadi. Dan hukum itulah yang menyebabkannya dimasukkan dalam penjelasan kitab. Hukum tersebut saya sudah jelaskan sebelumnya bahwa.
Adapun huruf Izhar halki itu ada 6 yaitu:

ا ه ع ح غ خ

Contoh:
-Min ummatin ( مِنْ اُمةٍ ) tetap dibaca Min ummatin
-In huwa ( اِنْ هُُوَ ) tetap dibaca In huwa
Jadi cuma ada 6 huruf dalam hukum Nun mati dan Tanwin yang memungkinkan Nun tetap dibaca N.


4. Nun Mati/Tanwin dihilangkan

Hal ini dinamakan Idgam ( اِدْغَامْ ) yang artinya memasukkan. Hukum bacaannya yaitu, apabila ada Nun mati/Tanwin bertemu dengan huruf Idgam makan Nun mati/tanwin dihilangkan atau tidak dibaca lagi dan digantikan dengan huruf Idgam tersebut.

Hurufnya ada 6 macam yaitu:
ي م ن و ل ر

Contoh;:
-minwaraihim ( مِنْ وَرائِهِم) dibaca miwwaraihim
-minrabbihim ( مِنْ رَبِهِم ) dibaca mirrabbihhim

Idgam pada kategori Hukum Nun mati/Tanwin terbagi 2 macam yaitu Idgam Bigunnah dan Idgam bilagunnah.

*Idgam bigunnah ( اِدغَام بِغُنَه ) artinya memasukkan sambil mendengunkan. Idgam ini mengambil 4 huruf dari ke 6 huruf tersebut yaitu ( ي م ن و ). Cara mambacanya yaitu mendengunkan atau menggetarkan saat proses bacaan idgam berlangsung.

*Idgam Bilagunnah ( اِدغَام بِلاغُنَه ) hanya mengambil 2 haruf dari keenam huruf tersebut yaitu huruf ل dan ر. Cara membacanya yaitu tidak didengunkan atau tidak digetarkan pada saat Idgam berlangsung.

Sekian Penjelasan tentang Nun mati/sukun dan Tanwin. Insya Allah akan menyusul pembahasan berikutnya.
------------------------
"Pelajaran Tajwid" Karya Abdullah Asy'ary BA
"Pelajaran Tajwid" Karya A. Mas'ud Sjafi'i

sumber : http://abrahkreatif.blogspot.com/2010/02/hukum-nun-mati-dan-tanwin.html
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Agama Islam dengan judul Hukum Bacaan Nun Mati beserta Contoh. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://kiteklik.blogspot.com/2010/09/hukum-bacaan-nun-mati-beserta-contoh.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Kite Klik -

2 komentar untuk "Hukum Bacaan Nun Mati beserta Contoh"

  1. BACAANNYA HARUSNYA MIROBIHIM BUKAN MIRROBIHIM

    ReplyDelete